Do'a sebelum makan menurut hadist sahih

Baca Juga

Assalamu'alaikum
Sahabat Dakwah syariah, tahukah bahwa doa sebelum makan yang biasa kita baca ternyata bersumber dari hadist da'if (lemah)? Bahkan biasanya kita juga mengajari anak untuk membaca doa sebelum dan sesudah makan, namun pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan pencerahan tentang Do'a sebelum makan menurut hadis sahih. Seperti lafaz berikut ini:
Doa sebelum makan:اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّار
Selama ini diantara kita mungkin tidak banyak mencari tahu apakah doa-doa tersebut berdasarkan sunnah Nabi Saw atau tidak, atau apakah hadits baca doa makan tersebut benar sah atau tidak. Namun ternyata, hadist yang menerangkan pelafalan doa tersebut dinilai do'if atau lemah.


Sebagaimana Berdasarkan hadis riwayat Ibn al-Suni dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash ra diterangkan bahwa apabila beliau dihidangkan suatu makanan, beliau membaca doa:
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّار
(Ya Allah berkahilah rizki yang telah Engaku berikan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka)
Riwayat terebut dinilai da’if (lemah) karena dalam sanadnya terdapat perawi yang bernama Muhammad bin Abi al-Zu’aizi’ah. Menurut al-Bukhari dan Abu Hatim al-Razi, orang ini banyak menriwayatkan hadis-hadis mungkar (hadis-hadis da’if).
‘Ishomuddin Ash Shobabthi menjelaskan dalam takhrij Al Adzkar, “Hadits tersebut dikeluarkan oleh Ibnu As Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah (459) dan sanadnya dho’if. Di dalamnya terdapat ‘Isa bin Al Qosim ibnu Sami’. Dia adalah perowi yang shoduq akan tetapi sering membuat kesalahan dan sering melakukan tadlis serta ia dituduh berpaham qodariyah. Juga diriwayatkan dari Muhammad bin Abi Az Zu’ayzi’ah. Ibnu Hibban mengatakan bahwa Muhammad bin Abi Az Zu’ayzi’ah adalah dajjal (pendusta besar).”
Jadi, berdasarkan hadis riwayat al-Bukhari No. 4957 diterangkan bahwa bacaan doa sebelum makan yang sah dan benar dari Nabi Muhammad Saw adalah sebagai berikut. Berikut merupakan dalil membaca do'a makan dengan bismillah:

“Umar bin Abu Salamah berkata; Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai Ghulam, bacalah Bismilllah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu." Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu.” (HR. Al-Bukhari No. 4957)
Hadist tersebut memaparkan dengan jelas, bahwa kalau mau makan hendaknya membaca basmallah, dengan menggunakan tangan kanan dan mengambil makanan dari hidangan makanan yang terdekat.
Tentang bacaan basmallah, bisa cukup dengan ucapan “bismillah” (بسم الله) atau boleh juga dilengkapi dengan bacaan “bismillahirrahmanirrahim” (بسم الله الرحمن الرحيم).
Jika terlupa membaca basmallah, maka inilah yang perlu dilakukan:
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.” (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858. At Tirmidzi mengatakan hadits tersebut hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut shahih).

Setelah kita mengetahui tentang hadis lengkap berdo'a sebelum makan, ada baiknya kita mencari tahu mengenai Hadis lengkap berdo'a sesudah makan <=Klik

Adapun kumpulan do'a sehari-hari lengkap disertai dalil dan latin, dapat kalian temukan dengan mengklik  Link di bawah ini.

0 Response to "Do'a sebelum makan menurut hadist sahih"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog DakwahSyariahCom

1. Gunakan kata “Salam” untuk mengdoakan sesama muslim. Jangan gunakan kata “Aku” karena kata “Aku” menunjukkan sifat takabur/sombong.
2. Substansi komentar berupa Link Aktif, Iklan, Promosi, Link Mati, Url Blog, Url Postingan Blog maka akan dihapus.
3. Komentar-komentar pendek berupa Nice Info, Pertamax, Nice Share, dll. Maka akan dihapus.
4. Berkomentar secara relevan sesuai pembahasan.
5. Anda sopan, kami segan

Silahkan pikirkan baik-baik sebelum berkomentar di blog ini. Jangan sampai komentar yang sudah anda tulis dengan susah payah, dihapus oleh kami, karena melanggar kebijakan kami. Terimakasih.