Hadist lengkap berdo'a sesudah makan

Baca Juga


Dakwah syariah - Berdo'a sebelum dan sesudah makan adalah hal yang patut perlu kita biasakan, sebagaimana dengan berdo'a tersebut dapat memuliakan kita atas apa yang hendak kita lakukan, sebelum membahas mengenai Hadist lengkap berdo'a sesudah makan akan lebih afdol bila kita mencari tahu terlebih dahulu tentang Dalil mengenai Berdo'a sebelum makan <= Klik

Ada tiga do’a setelah makan, yakni: 1- Alhamdulillahi kastiron thoyyiban mubarokan fiih, ghoiro makfiyyin wa laa muwadda’in wa laa mustaghnan ‘anhu robbanaa.
2- Alhamdulillaahilladzii ath’amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin.
3- Alhamdulillah.

Namun sebelum itu ada baiknya kita patut cari tahu penjelasannya
 

Hukum membaca doa sebelum dan sesudah makan
Sepatutnya setelah makan, seorang muslim memuji Allah dengan membaca do’a-do’a ini.


Dari Abu Umamah, ia berkata bahwasanya,
أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ إِذَا رَفَعَ مَائِدَتَهُ قَالَ « الْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ ، غَيْرَ مَكْفِىٍّ ، وَلاَ مُوَدَّعٍ وَلاَ مُسْتَغْنًى عَنْهُ ، رَبَّنَا »
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mengangkat hidangannya (artinya: selesai makan), beliau berdo’a: Alhamdulillahi kastiron thoyyiban mubarokan fiih, ghoiro makfiyyin wa laa muwadda’in wa laa mustaghnan ‘anhu robbanaa (segala puji hanyalah milik Allah, yang Allah tidak butuh pada makanan dari makhluk-Nya, yang Allah tidak mungkin ditinggalkan, dan semua tidak lepas dari butuh pada Allah, wahai Rabb kami) (HR. Bukhari no. 5458)

Dari Mu’adz bin Anas, dari ayahnya ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ أَكَلَ طَعَامًا فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنِى هَذَا وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ. غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Barang siapa yang makan makanan kemudian mengucapkan: “Alhamdulillaahilladzii ath’amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin” (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku), maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Abu Daud no. 4043, Tirmidzi no. 3458, Ibnu Majah no. 3285 dan Ahmad 3: 439. Imam Tirmidzi, Ibnu Hajar dan ulama lainnya menghasankan hadits ini sebagaimana disetujui oleh Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilali dalam Bahjatun Nazhirin, 2: 50).

Namun jika mencukupkan dengan ucapan “alhamdulillah” setelah makan juga dibolehkan berdasarkan hadits Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا
Sesungguhnya Allah Ta’ala sangat suka kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum” (HR. Muslim no. 2734). Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Jika seseorang mencukupkan dengan bacaan “alhamdulillah” saja, maka itu sudah dikatakan menjalankan sunnah.” (Syarh Shahih Muslim, 17: 46)

Jadi kesimpulannya ada tiga do’a setelah makan yang bisa dirutinkan untuk dibaca:
1- Alhamdulillahi kastiron thoyyiban mubarokan fiih, ghoiro makfiyyin wa laa muwadda’in wa laa mustaghnan ‘anhu robbanaa.
2- Alhamdulillaahilladzii ath’amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin.
3- Alhamdulillah.

Sumber :Rumaysho 

Simak di Sini selengkapnya mengenai Kumpulan do'a sehari - hari lengkap beserta dalil dan latin nya.

4 Responses to "Hadist lengkap berdo'a sesudah makan"

  1. saya cuma mengucapkan alhamdulillha saja sesudah makan
    jadi di bolehkan ya mas...

    terima kasih artikelnya membantu

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas informasinya mas, saya doakan semoga blognya makin jaya selalu. Amin

    ReplyDelete
  3. Waah maksi untuk infonya gan

    ReplyDelete

Tata Tertib Berkomentar di Blog DakwahSyariahCom

1. Gunakan kata “Salam” untuk mengdoakan sesama muslim. Jangan gunakan kata “Aku” karena kata “Aku” menunjukkan sifat takabur/sombong.
2. Substansi komentar berupa Link Aktif, Iklan, Promosi, Link Mati, Url Blog, Url Postingan Blog maka akan dihapus.
3. Komentar-komentar pendek berupa Nice Info, Pertamax, Nice Share, dll. Maka akan dihapus.
4. Berkomentar secara relevan sesuai pembahasan.
5. Anda sopan, kami segan

Silahkan pikirkan baik-baik sebelum berkomentar di blog ini. Jangan sampai komentar yang sudah anda tulis dengan susah payah, dihapus oleh kami, karena melanggar kebijakan kami. Terimakasih.